Apa Itu Arbitrase?

Arbitrase adalah mekanisme untuk menyelesaikan perkara dalam pesanan dengan diputuskan oleh pihak ketiga, dalam hal ini Tim Arbitrator UKerja.com.

Seringkali dalam pengerjaan pesanan, Pembeli dan Penjual tidak sepakat dalam beberapa hal sehingga mereka sudah tidak mau lagi bekerja sama. Ketidaksepakatan ini misalnya penambahan lingkup pekerjaan di luar spesifikasi awal pesanan, tenggat waktu yang tidak bisa dipenuhi, perubahan rencana di tengah pekerjaan, atau tertimpa musibah seperti sakit yang tidak memungkinkan lagi untuk meneruskan pesanan.

Dalam kondisi seperti itu, Anda sebagai Penjual maupun sebagai Pembeli dapat mengajukan arbitrase dengan cara sebagai berikut :

1. Tekan tombol “Pusat Resolusi” dihalaman Workspace pesanan Anda.

2. Silahkan pilih “Permintaan Arbitrase” klik lanjut.

3. Silahkan isi alasan Anda mengajukan Arbitrase di kolom yang disediakan, kemudian klik konfirmasi.

Permintaan Arbitrase Anda akan segera diproses oleh Team UKerja.com maximal 1 hari kerja.

Team UKerja.com akan melakukan pemanggilan kepada pihak Tergugat sebanyak maksimal 3x pemanggilan melalui halaman “Workspace Pasanan”. Pihak Tergugat wajib menjawab Arbitrase

Jika pihak Tergugat tidak mengindahkan panggilan arbitrase sampai pada masa waktu yang telah ditentukan, ia akan diberikan pemanggilan selanjutnya. Batas waktu pemberian jawaban untuk Pemanggilan I adalah 3 hari, Pemanggilan II adalah 2 hari dan Pemanggilan III satu hari.

Jika pihak Tergugat sudah memberikan jawaban, maka arbitrase masuk dalam Fase Negosiasi. Dalam fase ini, kedua belah pihak diberikan kesempatan untuk melakukan tawar menawar maksimal dalam 3 hari.

Melalui Fase Negosiasi ini pihak yang bersengketa bisa mencari solusi atau kesepakatan final terhadap permasalahan yang dihadapi tanpa harus diputuskan oleh tim arbitrator. Jika pihak bersengketa dalam kurun waktu yang sudah ditentukan tidak juga mendapatkan kesepakatan atau solusi maka arbitrase akan diambil alih dan diputuskan oleh tim arbitrator UKerja.com.

FAQ Mengenai Arbitrase

1. Berapa lama proses Arbitrase?
Proses arbitrase sangat tergantung dari respons kedua belah pihak. Proses arbitrase bisa berlangsung sangat cepat, mungkin hanya butuh beberapa menit saja atau beberapa jam saja hingga maksimal 9 (sembilan) hari, karena setiap tahapan arbitrase dari tiga tahapan yang ada mempunyai masa tunggu maksimal 3 (tiga) hari.

2. Apa yang perlu saya persiapkan ketika mengajukan Arbitrase?
Jika Anda akan mengajukan arbitrase (sebagai Pihak Penggugat), Anda harus memiliki alasan yang kuat, jika Anda tidak memiliki alasan yang kuat bisa jadi Anda akan dikenakan sanksi lebih berat oleh tim arbitrator UKerja.com.

Arbitrase adalah jalan terakhir ketika Anda tidak menemukan solusi dari permasalahan yang ada, artinya Anda sudah berusaha sebelumnya untuk menyelesaikan masalah, juga sebaiknya Anda berikan warning kepada pihak partner project sebelum Anda mengajukan arbitrase, artinya ketika partner project Anda tidak mengindahkan peringatan tersebut maka arbitrase jawabannya.

3. Siapa saja yang berhak mengajukan Arbitrase?
Perselisihan dalam suatu kerjasama adalah hal biasa, banyak faktor yang melatarbelakangi hingga terjadi perselisihan, terhadap perselisihan yang terjadi Penjual ataupun Pembeli dapat mengajukan arbitrase sebagai Pihak Penggugat.

4. Jika pihak tergugat tidak memberikan respon apakah bisa dinyatakan kalah dalam Arbitrase?
Tidak memberikan respon arbitrase akan dikenakan penalti berupa pengurangan reputasi, juga berpotensi terhadap penilaian akhir dari keputusan yang akan diambil tim arbitrator.

Jika Anda tidak memberikan respon arbitrase dan Anda tidak memiliki alasan yang kuat bisa jadi Anda akan dikenakan reputasi yang buruk.

Walau begitu keputusan arbitrase tidak semata hanya mempertimbangkan ketidak-responsifan pihak tergugat saja. Bisa saja tergugat dimenangkan walaupun tidak memberikan respon, berdasarkan hasil kerja atau bukti-bukti lain.

5. Apakah Arbitrase bisa dibatalkan?
Yang dapat membatalkan proses arbitrase hanya Pihak Penggugat, sebelum arbitrase memasuki tahapan Negosiasi. Setelah memasuki tahapan Negosiasi arbitrase tidak dapat dibatalkan.

6. Bagaimana jika saya tidak setuju dengan hasil keputusan Tim Arbitrator?
Keputusan tim arbitrator UKerja.com bersifat final, mengikat, dan tidak dapat diubah. Akan tetapi jika Anda merasa tidak puas dengan putusan tersebut, Anda dapat membuat pernyataan tertulis kepada tim arbitrator UKerja.com dan kepada pihak lainnya bahwa Anda tidak menerima hasil putusan arbitrase tersebut. Anda dapat menyelesaikan perselisihan tersebut secara arbitrase di Jakarta sesuai dengan ketentuan dan peraturan BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) selambat-lambatnya dalam 30 (tiga puluh) hari sejak putusan arbitrase ditetapkan oleh tim arbitrator UKerja.com. Tim arbitrator UKerja.com akan bertindak sebagai saksi ahli jika diperlukan.

Jika ada pertanyaan lain, Anda dapat menghubungi kami di nomor telepon 0811 88 5059 atau email ke support@ukerja.com